Minggu, 19 Juni 2016

instalisasi freenas dan menjalankan fungsi nya

Dosen Pengajar : Musayyanah, S.ST, MT

Cloud Computing adalah jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu ke beberapa device yang saling terhubung dengan perangkat keras maupun perangkat lunak. Biasanya cloud computing bersifat stand alone, artinya jaringan tersebut dapat berdiri sendiri dan tidak bergantung dengan jaringan lain. Karakteristik sebagai berikut :


  1. Resource Elasticty : penambahan maupun pengurangan sumber / device dapat dialokasikan secara mudah
  2. Measured Service : bandwith yang digunakan pada layanan cloud computing dapat dihitung dan dapat dilampirkan kepada pengguna.
  3. On-Demand Self Service        : tidak ada pihak lain, cloud computing dapat digunakan, sehingga bersifat stand alone.
  4. Broadband Network Access : jaringan yang digunakan merupakan jaringan sekala luas yang dapat terjamin untuk diakses dimana-mana.
  5. Resources Pooling : device yang digunakan merupakan sumber yang dapat dikaitkan dengan device lainnya.


Disini saya akan menjelaskan tentang FREENAS serta instalisasi dan inisialisasi dari freenas. Dimana Freenas digunakan sebagai remote cloud computing, Freenas adalah aplikasi yang digunakan untuk menyimpan data (server) yang dapat diakses oleh client-client yang terhubung dapat server tersebut.
Freenas merupakan bagian dari UNIX yang dikembangkan karena pada mula nya server, memiliki service yang terpisah-pisah. Sehingga terbentuklah FREENAS. NAS merupakan kepanjangan dari Network Attacth Storage.
 Disini saya akan menggunakan 2 layanan dalam FREENAS yaitu diantaranya adalah :

 FTP dan SSH.
FTP adalah singkatan dari File Transfer Protokol. Tujuan dari service ini adalah dapat melakukan file sharing terdapat server maupun client. Tampilan yang menarik dan mudah digunakan membuat service pada freenas ini biasanya digunakan untuk pertukaran data.


SSH adalah kepanjangan dari secure shell. Service ini memungkinkan penggunanya dapat meremote server dengan memasukkan akses admin untuk mengatur dapat storage tersebut. Sama dengan FTP, service ini dapat juga digunakan sebagai pertukaran data, hanya saja user interface pada SSH ini menggunakan Linux interface, sehingga comment prompt yang digunakan juga menggunakan Linux. Contoh : untuk membuat folder baru kita dapat mengetikkan perintah : mkdir [nama folder yang akan dibuat], untuk mengganti direktori menggunakan perintah : cd /[nama direktori yang akan dituju]


video nya sebagai berikut  https://youtu.be/JsBur3g21iE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar